Sebuah Unit Plan Template (Templat Rencana Unit Pembelajaran) didesain sebagai panduan bagi Pendidik, menggambarkan metode pedagogis yang digunakan dalam membuat sebuah Unit Plan (Rencana Unit Pembelajaran) di dalam sebuah Course (Mata Pelajaran). Ketika Pendidik membuat Unit Plan dan Lesson (Pembelajaran) mereka, mereka akan dapat memilih konsep pedagogis yang telah dibuat sebelumnya di dalam Unit Plan Template yang dapat diaplikasikan pada konten pembelajaran mereka.

 

Catatan: Anda dapat membuat sebuah Unit Plan Template pada tingkat Segment (Segmen) atau Course.

  • Tingkat Segmen: Menggambarkan pedagogi yang digunakan untuk semua mata pelajaran di dalam Segmen tersebut.
  • Tingkat Mata Pelajaran: Menggambarkan pedagogi yang digunakan terkhusus untuk mata pelajaran tertentu saja.

 


Membuat Unit Plan Template (Templat Rencana Unit Pembelajaran)

1. Klik pada Kurikulum, Segmen atau Mata Pelajaran yang ingin Anda buatkan Unit Plan Template.

2. Klik pada ikon plus pada bagian Unit Plan Template.


3. Masukkan nama Unit Plan Template dan sebuah deskripsinya. Anda kemudian dapat menspesifikasi metode pedagogis berikut (pilihan):

a. Aktifkan tombol pada detail yang relevan di bawah Concept Based Pedagogy (Pedagogi Berbasis Konsep). Untuk setiap konsep yang telah Anda masukkan pada kotak terkait, tekan enter untuk mendaftarkannya.

b. Aktifkan tombol Reflections (Refleksi) dan pilih dari pilihan. Pendidik kemudian akan diminta untuk menuliskan refleksi pada sebelum, selama atau setelah unit pembelajaran disampaikan, atau dapat juga refleksi secara umum. 

c. Aktifkan tombol pada detail yang relevan di bawah Inquiry Pedagogy (Pedagogi Inkuiri). Sertakan hal-hal yang diperlukan pada kotak terkait.

Ketika Anda telah selesai, klik Save (Simpan) di pojok kanan atas.