Membuat Rubrik Penilaian Di Dalam Kurikulum

Sebuah Assessment Rubric (Rubrik Penilaian) merupakan sekelompok kriteria yang digunakan untuk menilai penugasan. Kriteria-kriteria tersebut mendetail apa yang diharapkan dari seorang Siswa untuk dapat mencapai nilai tertentu pada sebuah penugasan.

Catatan: Rubrik Penilaian hanya dapat diterapkan kepada mata pelajaran yang menggunakan penilaian dengan rubrik. Tidak untuk mata pelajaran yang menggunakan penilaian hanya dengan persentase saja.

 

Membuat Assessment Rubric (Rubrik Penilaian)

1. Pilih Segmen atau Mata Pelajaran yang ingin Anda buatkan Rubrik Penilaiannya. Lalu, klik pada tombol + di bagian Assessment Rubric untuk membuat dokumen yang baru. Anda juga dapat mengimpor Rubrik Penilaian yang sudah tersedia dari My Library atau Account Library.

 

 

2. Mulai isikan informasi dasar dari Rubrik Penilaian Anda:

  • Nama dokumen Rubrik Penilaian
  • Kurikulum yang direkomendasikan → Misal, IB, IGCSE, SPM, dll.
  • Deskripsi

3. Di bawah Score Settings (Pengaturan Nilai), Aktifkan tombol Zero rating jika Anda ingin membolehkan nilai 0 untuk rubrik, begitu juga sebaliknya.

4. Di dalam tab Rubrik,

  • Masukkan nama kriteria dan deskripsi kriteria di dalam tabel di bagian bawah halaman.
  • Klik pada ikon + di sebelah kiri atau di bagian bawah tabel untuk membuat baris baru. Pilih Row Range (Rentang Baris), yang merupakan interval nilai (misal: skor 1-3 memiliki rentang 3 baris nilai).
  • Klik pada ikon x di sisi kiri dari tabel untuk menghapus sebuah baris.
  • Klik pada ikon + di sisi kanan dari tabel untuk menambahkan kriteria. Untuk menghapus sebuah kriteria, klik pada ikon x di atasnya.

 

 

5. Pada tab Aggregator, isikan informasi yang diperlukan pada templat yang disediakan.

  • Bacalah deskripsi dari gambar di bawah ini atau arahkan kursor pada ikon info di dalam halaman Aggregator untuk mengisikannya dengan benar pada setiap kolom.
  • Di sisi kiri dari tabel, klik pada ikon x untuk menghapus sebuah baris, dan klik pada ikon + untuk menambahkan sebuah baris.

 

 

6. Lanjutkan untuk mengisikan rubrik-rubrik pada setiap level dengan memilih level yang lain dan ulangi langkah 3-5.

7. Jika Anda telah puas dengan perubahan yang dibuat, klik pada Save (Simpan).

 

Catatan: Anda juga dapat membuat Rubrik Independen di My Library dan mengimpornya ke dalam Kurikulum Anda.